Gerakan Generasi Milenial di Era Digitalisasi Demokrasi

By hasim.id - 08:00

RIBUAN mahasiswa melakukan demonstrasi di seluruh nusantara. Bahkan, gelombang aksi turun ke jalan ini berlangsung sepekan tanpa henti. 

Aksi mahasiswa di DPRD Sulsel, Jl Urip Sumahardjo, Makassar, Sulsel, Kamis (24/9/2019). 


Sampai-sampai aksi ini merembes hingga siswa STM/SMK ikut-ikutan aksi di jalan. Bahkan, hingga terjadi perang antar warga di Jl Urip Sumohardjo.

Puncak aksi di Makassar, terjadi kerusuhan dan kerusakan di pusat kota. Jalanan terblokir hingga kemacetan dimana-mana. Selain itu, jatuh korban di pihak mahasiswa dan apparat keamanan.

Aksi ini cepat meluas dan bisa disaksikan langsung melalui live facebook dan video-video dari lokasi aksi karena kamera-kamera demonstran juga menyorot aksi ini. Sehingga, aksi ini bisa cepat meluas ke berbagai lapisan masyarakat yang punya smartphone.

Jadilah, aksi mahasiswa dari berbagai negeri ini bisa disaksikan melalui layar smartphone masing-masing masyarakat.

Awalnya, mahasiswa ini melakukan demonstrasi untuk memprotes pengesahan undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kenaikan iuran BPJS Kesehatan, dan berbagai rancangan undang-undang di akhir masa periode Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Aksi ini terus berlangsung di Makassar. Apalagi, belum ada titik temu antara mahasiswa dan pemerintah pusat di Jakarta terkait tuntutan mereka.

Mahasiswa yang berasal dari Generasi Milenial ini mulai menggugat kebijakan dan kerja-kerja pemerintahan di jalanan dan sosial media.

Generasi Milenial sudah terlibat dalam aksi-aksi politik dan kenegaraan saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 lalu. Para calon presiden sudah melibatkan mereka dalam tim sukses.

Ada pro, ada kontra dengan pemerintahan. Wacana pemilihan presiden menggema di auditorium kampus-kampus.

Hingga, akhirnya mereka mulai turun secara terstruktur, sistematis, dan massif ke lapangan untuk menggugat keputusan dari pemerintah dan DPR RI di ujung periode. Generasi Milenial ini sudah bertrasformasi sebagai “oposisi” pemerintah.(*) 


Video aksi mahasiswa UNM: 

Video aksi mahasiswa Unismuh: 


bentrok mahasiswa versus polisi: 


Penjelasan presiden Joko Widodo untuk aksi di Indonesia: 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Kategori

Sahabat

Contact Us