The New Hutan Pinus Bissoloro

By hasim.id - 00:32

Pemandangan gunung dari atas puncak Tinambung, Desa Bissoloro, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa. (foto by: Hasim Arfah) 


DESA Bissoloro ternyata menyimpan berbagai hutan pinus dengan pemandangan alam indah. Nampaknya, alam Bissoloro memang diciptakan untuk para pecinta alam. 

Desa ini selalu menyajikan alam indah dengan pemandangan hutan lebat dari berbagai sisi. Bahkan, anda bisa melihat Makassar dari puncak Bissoloro. 

Tak ayal, hal itu membuat anak muda banyak datang ke desa dengan menggunakan motor. Bahkan, pada akhir pekan banyak keluarga menghabiskan waktunya di Bissoloro. 


Pinus Tinambung


Selain itu, hutan pinus Bissoloro, desa yang terletak di Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa ini mempunyai dua hutan pinus menarik. Saat ini, akses menuju Bissoloro sudah bagus dengan jalan aspal sepanjang jalan. 

Perjalanan pada malam hari pun sudah aman. Admin, membuktikan dengan perjalanan di malam hari pada pukul 11.00 wita. Tak ada halangan, cuman harus hati-hati pada saat hujan karena jalanan cukup licin. 

Selain itu, kabut tebal akan menyelelimuti desa ini sehabis hujan deras.


Spot foto Tinambung


Selain hutan pinus Bissoloro dan Tinambung, ada juga hutan pinus Selow. Hutan Pinus Selow sudah lengkap listrik dan tempat camp

Peta ke Bissoloro: 




Tapi, akses untuk masuk lumayan besar dengan Rp 15.000 per orang. Tapi, sudah banyak spot foto bagus. Ada ayunan, listrik yang cukup untuk penerangan pada malam hari. 


Selain itu, ada juga spot ciamik untuk menikmati alam liar di desa yang terletak 38 kilo meter dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini. 


Akses jalan di Hutan Pinus Selow 

Selain itu, pengelola juga menyewakan rumah seharga Rp 100 ribu per malam. Selain itu, ada juga tempat nongkrong untuk menikmati kopi hitam dan mie instan. 

Tapi, ingat ketika ke sini maka siap-siap menemui jalan berbatu dan berlumpur. Jadi, saran admin seharusnya menggunakan kendaraan off road untuk menjaga kenyamanan dalam perjalanan. 

Informasi warga, tahun 2019, pemerintah desa akan mulai memperbaiki beberapa meter. 

Ngopi di Hutan Pinus Bissoloro 



Selain itu, ada hutan belum terjamah di Dusun Pa’ngameang Rappo. Ini masih dalam tahap pembangunan dan membutuhkan kerja sama. 

Beberapa teman tertarik untuk mengembangkan lokasi ini. (*)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Kategori

Sahabat

Contact Us