Pantai Pandawa,Dari Kering Jadi Peradaban Hindu Baru di Bali


Pemerintah dan masyarakat Bali kini memberikan banyak pilihan kepada wisatawan lokal dan mancanegara.

Selain objek wisata selama ini seperti Jimbaran, Pantai Kuta dan Sanur, para turis banyak berenang dan snorkeling di Pantai Tanjung Benoa dan Pandawa.





Pantai Pandawa berada 26 kilometer arah selatan Kota Denpasar. Turis mancanegara paling banyak berada di Pantai Pandawa, area Kuta selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Pantai ini terletak di balik perbukitan dan sering disebut sebagai Pantai Rahasia (Secret Beach). Di sekitar pantai ini terdapat dua tebing yang sangat besar yang pada salah satu sisinya dipahat lima patung Pandawa dan Kunti.

Keenam patung tersebut secarara berurutan (dari posisi tertinggi) diberi penejasan nama Dewi Kunti, Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa.

Dulu pantai ini bernama Pantai Kutuh. Pemandu wisata I Made Dharma menjelaskan Kutuh adalah area kering dan gersang.

Namun, pemerintah Kabupaten Badung mengubah daerah ini menjadi objek wisata pantai dengan fasilitas spot foto unik dengan patung Pandawa dalam cerita Kita Mahabaratha.





 “Kini Pantai menjadi tujuan utama oleh turis mancanegara untuk berjemur karena teriknya matahari dan tentu pantai yang masih bersih,” kata Dharma.

Selain untuk tujuan wisata dan olahraga air, pantai ini juga dimanfaatkan untuk budidaya rumput laut karena kontur pantai yang landai dan ombak yang tidak sampai ke garis pantai.

Banyak juga wisatawan bermain paralayang dari Bukit Timbis hingga ke Pantai Pandawa. Pantai ini juga sering jadi tempat shooting sinetron FTV.

Sebelum balik ke Kuta, Tribunners sebaiknya berbelanja kerajinan tangan di Pasar Seni Guwang Sukawati, Jl Raya Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

Pasar menyediakan berbagai kerajinan tangan seperti lukisan, mainan, pernak pernik. Rerata kerajinan tangan ini terbuat dari kayu.

Turis mancanegara dari Eropa dan Asia Timur banyak juga mengunjungi daerah ini.

Barang dari Pasar Sukawati terpampang di semua toko-toko di Kota Denpasar dan Badung.

Selanjutnya, adalah menikmati sunset atau matahari terbenam di Pantai Kuta.

Selain menyajikan peristiwa alam yang indah. Pantai ini banyak menjadi lokasi surving untuk para pelancong. (*)

 

My Friends

Twitter Updates

Soundofmind in Android