Garuda Wisnu Kencana, Patung Seberat 2.900 Ton



Rombongan Sekretariat DPRD Sulsel melakukan kunjungan budaya ke Garuda Wisnu Kencana Culture Park, Jl Raya Uluwatu, Ungasan, Kita Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Sabtu (3/10).


Kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Kota Denpasar, ibu kota provinsi Bali.

GWK menjadi objek wisata terbaru Bali setelah Presiden RI, Joko Widodo meresmikan, Patung Garuda Wisnu Kencana setinggi 121 meter.

Tinggi Patung GWK mengalahkan Patung Liberty di Amerika Serikat yang memiliki tinggi 93 meter.

Dari tinggi total 121 meter, ketinggian patung 75 meter, dan ketinggian penyangga 45 meter.




View this post on Instagram

A post shared by hasim_photo (@hasim_photo) on


Sedangkan lebar bentang sayap Garuda 64 meter, material kulit patung adalah campuran tembaga dan kuningan, berat kulit patung 900 ton, berat struktur baja 2.000 ton, dan menggunakan 21.000 batang baja.

Dibangun sejak 2013, patung GWK siap digunakan menerima para tamu yang akan menghadiri pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia di Bali pada Oktober 2018.


Sebagai bangunan yang dirancang untuk daya tarik wisata budaya, patung GWK secara fisik dirancang untuk mampu menahan embusan angin yang kuat dan tahan gempa.
Ide pendirian patung GWK digagas oleh pematung Nyoman Nuarta dan Menparpostel saat itu Joop Ave tahun 1990.




Selain berbagai jenis patung, setiap jam selalu ada tarian dan musik tradisional Bali. Selain itu, setiap 30 menit ada pemutaran film animasi Garuda.

"Kunjungan ini untuk melihat budaya dari provinsi Bali, sehingga staf punya pemahaman masalah kebudayaan," kata Kepala Bagian Perundangan-undangan dan Informasi Sekretariat DPRD Sulsel, Surya Dharma. (*)

 

My Friends

Twitter Updates

Soundofmind in Android