Amerikat Serikat Rayakan Independence Day di Makassar



*Dubes Amerika Serikat Robert Blake dan Konjen Amerika Serikat Hadir

 

MAKASSAR, TRIBUN- Amerika Serikat bakal merayakanIndependence Dayke-239 di Anjungan Pantai Losari, Jl Penghibur, Makassar, Senin-Rabu (25 – 27/5) mendatang.

 

Konsulat Jenderal Amerika Serikat bagian Politik- Ekonomi, Joanne I. Cossit mengatakanbanyak perusahaan Amerika di Makassar sehingga duta besar memilih area ini sebagai lokasi pusat perayaanIndepence day.

 

"Saya selalu nyaman setiap ada disini. Ada banyak perusahaan amerika yang ada di Makassar. Ekonomi naik, pelabuhan baik," kata Joanne I. Cossit saat bertemu dengan pejabat pemkot Makassar di Balaikota, Jl Ahmad Yani, Makassar Selasa (17/3).

 

 

Menurut Joanne, konsulat memandangMakassar sebagai sebuah kota denganperkembangan ekonomi sangat pesat. Disamping memiliki ituhistori pelabuhan kapal yang terkenal sejak lama.

 

"Ekonominya pesat. Untuk kota di luar Jawa, kami lihat Makassar yang paling pesat pertumbuhannya. Makassar mau menjadi kota modern. Sebagai contoh, ada MoU Microsoft dengan Pemkot Makassar. Ini salah satu tanda bagus untuk sebuah kota," katanya.

 

Joanne menceritakanwarga Amerika Serikatmemandang aksi demonstrasi dikota Makasaradalah hal wajar.

"Saya sering kesini, membantu orang asing datang di Indonesia, tanpa masalah. Kadang ada unjuk rasa, tapi di Amerika juga ada unjuk rasa, jadi bagi kami warga Amerika itu hal yang biasa saja," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto mengakui warga Makassar terhormat karena Amerika Serikat memilih kota ini sebagai pusat perayaanIndependence Day.

 

“Kalau saya melihat memang dunia luar melihat Makassar potensial sehingga negara Amerika Serikat memilih kota ini. Tapi yang jelas saya belum tahu pasti apa rencananya kita akan lihat nanti,” katanya.

 

Danny menilai Amerika Serikat memilih Makassar karena kota ini ingin bergabung dan terkoneksi dengan masyarakat dunia melalui Microsoft.

 

“Dan itu terlihat dari kerja sama kita dengan microsoft, mereka menganggap negara ini ingin maju,” katanya.

Namun Danny lebih ingin kerja sama dalam bidang pendidikan jika ditawari kerja sama dengan Amerika Serikat.

“Kita harus lihat ini sebagai peluang, kalau saya lebih ingin kerja sama beasiswa dengan Amerika, kita ingin anak-anak kita dan dosen untuk bisa dapat beasiswa,” katanya.

Danny juga mengkonfirmasi Amerika Serikat akan banyak menurunkan bantuan untuk membuat kota Makassar bersih.

“Saya dapat info AS akan melakukan kegiatan kemanusian. Seperti program kebersihan di sepanjang pantai,” katanya.

 

Joanne bertemu asisten III Burhanuddin, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ismounandar, Kepala Badan Lingkungan Hidup Masri Tiro dan tim pendamping SKPD.

 

Kadis Kominfo Kota Makassar, Ismounandar mengatakanIndepence Dayakan diisi dengan pameranpendidikan, CSR, pengetahuan pengajaran programer bagi pesantren, cultur night, lomba pidato bahasa Inggris. (*)


 

My Friends

Twitter Updates

Soundofmind in Android